Kamis, 01 Juni 2017

TEKNOLOGI INFORMASI KESEHATAN



Sistem Informasi Manajemen Puskesmas ( SIMPUS )



            Penyelenggaraan layanan kesehatan masyarakat melalui puskesmas merupakan kegiatan yang membutuhkan proses pencatatan dan pengolahan data yang cukup kompleks. Dibutuhkan suatu sistem informasi yang dapat menangani berbagai macam kegiatan operasional Puskesmas mulai dari pengolaha data registrasi pasien, data rekam medis pasien, farmasi, keuangan, hingga berbagai laporan bulanan, tribulan, dan tahunan.(Ahyar.2011)


Sebagai bahan evaluasi tentunya sistem yang berjalan perlu adanya perubahan sistem yang diharapkan bisa menyelesaikan masalah tersebut, salah satunya membangun sistem informasi manajemen puskesmas(SIMPUS) secara terpadu dan handal.

Simpus adalah program aplikasi komputer yang merupakan perangkat yang berfungsi untuk mencatat(input), mengolah(proses), dan melaporkan(output) seluruh data-data di puskesmas. Pengertian lain SIMPUS adalah suatu perangkat lunak yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan puskesmas dalam mengelola data-data yang dimiliki.



Alasan mengapa harus membangun SIMPUS :

1.     Bisa digunakan untuk mencari data pasien.

2.     Dapat menghasilkan laporan sesuai dengan kebutuhan.

3.     Dapat mendukung keputusan dengan melihat hasil laporan maupun data yang telah diolah.

4.     Dengan interface yang disesuaikan dengan kebutuhan sehingga mudah digunakan.

5.     Fungsi operasi output dan input dapat dipelajari dengan waktu yang tidak lama.




 Dalam implementasinya SIMPUS terdiri dari beberapa sub sistem sebagai berikut :

1.   Registrasi Pasien.

      Registrasi merupakan sub-sistem yang menangani data registrasi kunjungan pasien, baik kunjungan pada pemeriksaan poli umum/ gigi/ gizi/ KIA/ imunisasi/KB. Kegiatannya meliputi :

  1. Pengolahan data pasien.
  2. Pengolahan data registrasi kunjungan pasien, terdapat beberapa macam klasifikasi registrasi, yaitu : pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, kunjungan gizi, kunjungan imunisasi, kegiatan KIA, kegiatan KB, pemeriksaan Laboratorium.
  3. Pemeriksaan atau Pemberian Tindakan Medis

Kelebihan Program Aplikasi SIMPUS 
  1. Mudah untuk menari data
  1. Data bisa di printout sesuai dengan tingkat kebutuhan 
  1. Mudah dipelajari
Kekurangan Program Aplikasi SIMPUS 
  1. Rawan terhadap virus
  1. PC digunakan seminimal mungkin u/ program lain 
  1. Single user 
  1. Mati lampu, program jadi crash
Dengan adanya teknologi informasi jaringan telekomunikasi, data aplikasi SIMPUS dapat di integrasikan antara Puskesmas – puskesmas dengan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota sehingga akses control terhadap data kegiatan operasional seluruh Puskesmas dalam satu Kabupaten/Kota dapat dilakukan dengan lebih mudah, efektif dan efisien.
Arsitektur Aplikasi PUSKESMAS dirancang secara modular dengan mengimplementasikan konsep three tier , yaitu suatu konsep arsitektur sistem yang berlapis berdasarkan fungsi dan peran. Keuntungan dari konsep ini terhadap aplikasi adalah akan memberikan tingkat adaptasi yang tinggi terhadap kemungkinan perubahan/penambahan kebutuhan dimasa yang akan datang.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar